5 Manfaat Menggunakan Software Pembukuan Keuangan dan Tips Memilihnya

Urusan akuntansi mungkin bagi beberapa pembisnis bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Mungkin mereka mengira jika akuntansi hanyalah persoalan pencatatan keluar masuk uang perusahaan. Namun ternyata anggapan tersebut salah besar. Lebih dari itu, akuntansi bisa memandu pembisnis dalam menentukan langkah selanjutnya terkait posisi finansial yang dialami.

Bahkan, akuntansi bisa memprediksi suatau perusahaan akan bangkrut atau berkembang di tahun mendatang. Dengan perannya yang begitu penting, maka saat ini penggunaan software pembukuan keuangan semakin meningkat. Banyak alasan perusahaan-perusahaan mulai menggunakan aplikasi untuk menghandle urusan akuntansinya. Jika anda masih ragu soal betapa pentingnya software pembukuan keuangan ini, maka anda bisa menyimak beberapa alasannya di bawah ini.

1. Kemudahan Mengerjakan Akuntansi

Beberapa pengusaha mungkin lebih memilih mengerjakan laporan akuntansinya sendiri daripada harus membayar seorang akuntan setiap bulannya. Mungkin hal tersebut tidak masalah jika anda memang sudah ahli dalam menangani urusan akuntansi. Namun cerita akan berbeda ketika anda malah bingung dalam mengerjakannya.

Bisa-bisa laporan anda malah bermasalah nantinya. nah, untuk membuat kemudahan dalam mengerjakan laporan akuntansi, aplikasi ini akan menyediakan tampilan antarmuka pengguna yang ramah sekaligus mudah dipahami. Anda bisa dengan mudah mengategorikan jenis-jenis pemasukan seperti pengeluaran operasional, aset dan lain-lain. Setiap kegiatan keuangan akan tersusun rapi dan sistematis.

2. Terlindungi dengan Keamanan Sistem

Sebagai fitur pendukung akuntansi, aplikasi ini juga menyediakan fitur keamanan tingkat tinggi untuk terus menjaga kerahasiaan data-data transaksi anda. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan hilangnya bukti transaksi karena semuanya sudah terekam secara online dan terlindungi. Biasanya, pihak penyedia aplikasi akan memberitahukan kepada anda tingkat keamanan yang digunakan.

Benar sekali, mungkin terdengar mengerikan harus mempercayakan data perusahaan ke pihak ketiga. Namun sekali lagi anda tidak perlu khawatir. Bahkan saat ini beberapa perusahaan sudah menjanjikan keamanan data dengan tingkat setara dengan keamanan bank.

3. Efisiensi Biaya dan Waktu

Nah, mungkin ini adalah alasan utama bagi anda untuk segera mengimplementasikan program komupter akuntansi dalam bisnis anda. Tentu saja, jika menimbang biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar seorang akuntan setiap bulannya, maka memiliki software pembukuan keuangan sendiri jelas jauh lebih efisien. Selain itu, proses yang cepat dan tepat akan menghemat banyak waktu anda. Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk lebih fokus kepada hal lain seperti marketing dan lain sebagainya.

4. Selalu Relevan dan Terbarui

Dengan ketetapan pemerintah yang selalu berubah-ubah perihal keuangan perusahaan, maka anda jelas membutuhkan software pembukuan keuangan yang selalu relevan dan mendapatkan pembaruan. Jika seorang akuntan mungkin bisa saja lupa tentang regulasi baru, namun tidak dengan software pembukuan keuangan. Aplikasi ini akan secara otomatis memperbarui setiap kebijakan baru yang diberlakukan dan dengan segera menerapkannya pada bisnis anda.

5. Data Akurat sebagai Acuan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, akhirnya, fungsi utama dari penggunaan software pembukuan keuangan ini adalah sebagai bahan acuan bagi anda dalam menentukan langkah bisnis. Anda bisa fokus kepada produk yang laku keras di pasaran dan meningkatkan produksinya. Atau anda juga bisa mengetahui jika keuangan perusahaan memang sedang terpuruk, maka anda bisa melakukan langkah antisipasi lebih dini.

Tips Memilih Software Pembukuan Keuangan Indonesia Terbaik

Software pembukuan keuangan adalah sebuah aplikasi manajemen yang berperan dalam mengelola bisnis secara terintegrasi. Dan di masa sekarang, semakin banyak pula perusahaan yang membutuhkan ERP untuk membantu proses integrasi dalam sistem informasi perusahaan.

Tapi dalam memilih software pembukuan keuangan pun harus memperhitungkan beberapa kriteria, seperti misalnya dari segi spesifikasi, fungsional, hingga biaya dan lain sebagainya. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang membutuhkan software pembukuan keuangan Indonesia terbaik, sebaiknya simak dulu beberapa tips di bawah ini.

1. Selection Methodology

Sebelum menentukan software pembukuan keuangan terbaik untuk perusahaan Anda, sebaiknya lakukan metodologi seleksi secara sederhana. Proses seleksi bisa dilakukan secara fokus dan simpel dalam waktu kurang dari 6 bulan hingga menemukan ERP terbaik. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan sebagai proses seleksi diantaranya adalah analisa sumber daya manusia, analisa strategi bisnis, analisa aplikasi, dan analisa infrastruktur.

Setelah memperhitungkan beberapa hal tersebut, maka akan terlihat spesifikasi ERP seperti apa yang Anda butuhkan. Karena pada dasarnya tidak semua ERP cocok untuk segala perusahaan. Terlebih sekarang sudah semakin banyak vendor yang menyediakan ERP dengan berbagai tujuan.

2. Lisensi ERP

Setiap software pembukuan keuangan dari berbagai vendor memiliki lisensi yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan lisensi tak terbatas sehingga membuat biaya lisensi menjadi lebih murah. Jadi sebaiknya Anda ketahui seperti apa lisensi yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Jangan ragu untuk mencari tahu lebih dalam agar nantinya Anda bisa mendapat ERP yang tidak hanya terjangkau, namun juga bisa memenuhi segala kebutuhan.

3. Tingkat Kesulitan ERP

Bagi beberapa perusahaan yang masih merintis, sebaiknya memilih ERP yang mudah digunakan. Sekarang ini memang sudah ada banyak sekali software pembukuan keuangan yang tersedia dan semuanya memiliki tingkat kesulitan masing-masing dalam hal pengoperasiannya.

Jika Anda mau, pilihlah ERP yang lengkap, yaitu meliputi akuntansi, aset, inventaris, warehouse, finance, hinga penjualan dan pembelian. Namun tetap perhitungkan tingkat kesederhanaan dalam pengoperasiannya agar Anda bisa memaksimalkan setiap potensi yang ada dengan lebih efisien.

4. Teknologi dan Fitur

Sebagai perusahaan yang bergerak untuk masa depan, tentunya Anda harus memperhitungkan setiap langkah yang diambil. Konsep ramah lingkungan adalah hal yang harus diperhatikan karena pada faktanya hal ini tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, namun juga untuk lingkungan sekitar dan citra perusahaan itu sendiri.

Oleh karenanya Anda juga harus memperhatikan fitur dan teknologi yang ditawarkan oleh ERP tersebut. Beberapa ERP sekarang ini ada yang menawarkan teknologi ramah lingkungan dengan voltage yang lebih rendah dan mampu meminimalisir emisi karbon. Hal seperti ini memang sederhana namun setidaknya mampu meningkatkan nilai perusahaan Anda.

5. Perhitungkan Anggaran dan Kebutuhan

Software pembukuan keuangan dengan harga yang murah mungkin mampu meminimalisir pengeluaran sehingga Anda bisa lebih berhemat. Namun di sisi lain, ERP murah terkadang sangat lambat untuk dioperasikan, walaupun hal ini tidak bisa lantas digeneralisasikan.

Sedangkan di sisi lain, kebutuhan manajemen perusahaan memang cukup banyak sehingga membutuhkan ERP yang mumpuni. Oleh karenanya perhitungan yang matang antara anggaran biaya dengan kebutuhan adalah salah satu kunci dari keberhasilan Anda dalam memilih ERP terbaik. Jadi, tidak perlu terburu-buru dan lakukan langkah demi langkahnya secara terstruktur.

Begitulah penjelasan mengenai pentingnya software pembukuan keuangan dalam bisnis. Silakan pilih perusahaan penyedia yang terpercaya seperti Jurnal sebagai partner anda. Selain terjamin kredibilitasnya, Jurnal juga menyediakan penawaran dan paket-paket menarik yang sesuai dengan profil dan karakter bisnis anda.

Kelebihan Jurnal by Mekari, Solusi Pencatatan Transaksi & Keuangan

Kini Jurnal siap membantu permasalahan anda tersebut. Jurnal merupakan aplikasi POS yang memiliki fitur lengkap yang mudah digunakan dengan harga yang terjangkau. Aplikasi akuntansi dan POS ini berbasis cloud sehingga cocok digunakan oleh toko retail, café dan restoran.

Salah satu fitur Jurnal yang sudah banyak peminatnya adalah fitur akunting. Anda dapat mengontrol segala bentuk pencatatan transaksi atau laporan keuangan dengan lengkap, terjamin aman dan mudah dilihat secara real time. Mari simak keunggulan fitur akunting Jurnal berikut, yuk!

1. Dashboard Sederhana

Tanpa pencatatan yang berbelit dan rumit, fitur akunting Jurnal menawarkan antarmuka yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pemula. Catatan informasi usaha Anda tersimpan di dalam aplikasi Jurnal dengan periode waktu yang digunakan adalah hitungan hari, bulan, dan tahun tersedia dalam bentuk laporan keuangan yang mudah dibaca dan real-time. Sehingga, membuat laporan akhir keuangan dengan aplikasi akunting Jurnal akan semakin mudah hanya beberapa klik saja.

2. Real-time

Sistem POS seperti Jurnal.id mampu memberi Anda data real-time sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang cepat dan cerdas untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan. Semua data transaksi yang ada akan tersimpan dan terus terupdate secara real-time setiap harinya.

3. Tanpa Instalasi terpisah atau tanpa memakai aplikasi pihak ketiga

Fitur akunting Jurnal terhubung langsung dengan Back Office. Sehingga tidak perlu install aplikasi secara terpisah. Bekerja dengan internal divisi finance, accounting maupun departemen lain di perusahaan menjadi lebih mudah dan praktis, karena sistem yang terintegrasi.

4. Keamanan setara bank

Dengan background perusahaan yang berfokus pada bisnis perbankan, Jurnal memilih menggunakan sistem penyimpanan Cloud dengan sistem keamanan yang setara dengan bank. Setiap pencatatan transaksi dan detail laporan dapat disajikan secara lebih aman dan kredibel.

Sederhananya, dapat dikatakan bahwa sistem POS membuat bisnis Anda lebih berfokus pada biaya, memberi Anda wawasan yang lebih luas tentang pendapatan, membuat Anda menghemat waktu, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan menggunakan data yang direkam sebelumnya untuk menciptakan tujuan ekonomi.

Software pembukuan keuangan dari Jurnal terintegrasi dengan aplikasi POS secara langsung. Jadi tunggu apalagi, ayo berlangganan Jurnal sekarang juga! Klik di sini untuk coba GRATIS 14 hari Jurnal Apps.