Tips Menyusun Shift Kerja dengan Aplikasi Roster

Banyak perusahaan yang menggunakan jadwal shift untuk mendukung operasional. Agar memudahkan proses penggajian serta pencapaian prestasi maupun target, perusahaan menginginkan kinerja karyawan yang bisa terpantau dengan waktu yang sebenar-benarnya berdasarkan data karyawan di perusahaan.

Namun begitu, ada saja kendala dalam menyusun jadwal shift. Karena itu, banyak perusahaan kini beralih menggunakan aplikasi roster.

Apa Saja Kendala dalam Menyusun Jadwal Kerja Shift? 

Seperti kehidupan ini yang sering ada kendala, menyusun jadwal kerja shift juga tak jarang menemukan kendala. Lalu, apa saja kendala dalam menyusun jadwal kerja shift?

Berikut rangkumannya.

  1. Mengatur dan menghitung berapa banyak jumlah karyawan yang bekerja pagi, sore dan malam hari, karena secara umum karyawan yang bekerja pagi terhitung lebih banyak dan akan menemukan ketidakseimbangan.
  2. Sulit memberikan porsi yang sama pada setiap karyawan, seperti berapa kali perhitungan libur, absensi pagi, absensi sore dan absensi malam.
  3. Adanya karyawan yang tiba-tiba mengajukan pergantian shift kerja, sementara HRD kesulitan untuk mencari pengganti yang siap mengisi shift tersebut.
  4. Adanya jadwal kerja karyawan yang bentrok satu sama lain karena HRD keliru menentukan jadwal kerja.
  5. Rekapitulasi kehadiran karyawan yang memakan waktu lama dan rumit karena banyaknya data dan informasi karyawan.

Perihal jadwal kerja shift di industri yang beroperasi 24 jam, pengaturan jadwal kerja karyawan menjadi lebih kompleks. Hal ini karena HR harus menerapkan pergeseran waktu kerja secara bergilir untuk memanfaatkan keseluruhan waktu yang tersedia demi mengoperasikan pekerjaan atau yang disebut dengan shift kerja.

Aplikasi roster Talenta by Mekari Memudahkan Pengelolaan Jadwal

Karena berbagai kesulitan dalam menyusun jadwal kerja karyawan, maka dengan memanfaatkan aplikasi roster adalah solusi yang tepat. Namun tak dipungkiri bahwa  melakukan penjadwalan kerja untuk tiap karyawan merupakan hal yang cukup rumit, terlebih bagi perusahaan dengan skala besar dan memiliki jam operasional yang cukup padat dengan berbagai shift kerja yang ada.

Tentu saja hal tersebut membutuhkan ketelitian dan wawasan yang cakap untuk mengatur jadwal dengan memperhitungkan berbagai pertimbangannya. Untuk solusi aplikasi roster, hadir untuk Anda Talenta by Mekari, perangkat lunak yang dapat membantu mengelola jadwal kerja karyawan.

Berkat adanya time management system dari Talenta by Mekari, HRD dapat menentukan jadwal kerja lebih efektif dan efisien. Informasi akan terupdate saat itu juga atau secara real time jika ada perubahan dalam time management system, sehingga karyawan dan pihak perusahaan dapat saling terbuka perihan jadwal kerja.

Keunggulan Talenta by Mekari dalam Mengelola Jadwal Kerja

Mengelola jadwal kerja karyawan bersama aplikasi roster dari Talenta by Mekari juga memiliki keunggulan. Seperti penjadwalan kerja yang sangat mudah menggunakan fitur Time Group dan Schedule Exception.

Fitur Time Group memungkinkan untuk mengelompokkan karyawan yang memiliki jadwal kerja sama. Sehingga HRD dapat dimudahkan dalam memeriksa dan mencocokkan jadwal kerja dengan kehadiran aktual.

Begitupun dengan fitur Schedule Exception, HRD dengan mudah untuk menyesuaikan jika ada karyawan yang ingin mengganti jadwalnya.

Dengan fitur-fitur tersebut, diharapkan staf HRD dapat beradaptasi dengan cepat terhadap penggunaan aplikasi roster dari Time Management Talenta by Mekari yang dirancang secara user friendly.

Berikut beberapa keunggulan lain yang ditawarkan oleh aplikasi roster karyawan dari Time Management Talenta by Mekari, seperti:

  1. Menukar jadwal kerja karyawan secara real time ketika karyawan ingin menukar shift kerja.
  2. Merekap jadwal kerja karyawan dengan cepat dan akurat.
  3. Terhubung ke sistem penggajian bulanan sehingga HRD tak perlu melakukan input kehadiran manual ke sistem penggajian.
  4. Memantau data kehadiran karyawan yang masuk secara rinci dan menyeluruh.
  5. Mengatur serta mengelola berbagai pengajuan lembur, cuti, dan izin yang diajukan karyawan kepada HRD.

Selain keunggulan di atas, masih ada banyak keunggulan yang akan dirasakan HRD dalam mengelola jadwal kerja karyawan menggunakan aplikasi. Dengan begitu, HRD tak perlu lagi kesulitan dengan berbagai kendala dalam penyusunan jadwal kerja dan bisa fokus kepada tugas lain yang membutuhkan fokus lebih dalam.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi untuk membuat jadwal kerja shift sangat berguna untuk perusahaan dan HRD. Talenta by Mekari solusi tepat dan berpengalaman menyediakan berbagai software untuk meningkatkan kinerja HRD dan kenyamanan karyawan.

Segera hubungi Talenta by Mekari dan rasakan kemudahan dalam menyusun shift kerja dengan modul time management!